ulil ahsan's blog

Your life is your choice. Be responsible!

The Profesor dan Pertarungan Menuju Kursi Gubernur Sulawesi Selatan

Pada 2010, ketika masih kuliah di Yogyakarta, saya berbincang dengan seorang kawan satu organisasi di IKAMI Sul-sel Cabang Yogyakarta yang sedang bangga memuji Bupatinya yang berkinerja baik. Menurutnya pada waktu itu, dua tahun menjabat, telah banyak perubahan yang dihasilkan. Secara psikologis katanya, rakyat senang, terbantu dan bupati itu suka dengan gagasan-gagasan baru, termasuk mendukung perhelatan besar yang tengah dikerjakan kawan ini di Bantaeng. Memori perbincangan itu hilang begitu saja ditelan waktu. Namun beberapa minggu terakhir ini ingatan itu muncul kembali dengan ramainya perbicangan tentang seorang pemimpin daerah yang kudengar sekitar 7 tahun silam. Dia masih menjabat, sedang dielu-elukan, dan menuju panggung sul-sel satu.

Kini dia turut meramaikan kontestasi pemilihan gubernur sulawesi selatan. Bersaing dengan kandidat dari berbagai warna. Lawannya tangguh-tangguh, dari ketua partai, pemilik modal, hingga kandidat yang telah menancapkan dinastinya di daerah-daerah. Modalnya adalah program dan pencapaian, titel profesor, dan pengalaman memajukan daerah. Setidaknya itu yang tampak. Bakal seru dan akan meramaikan demokrasi di Sulawesi Selatan.

Publik Sul-sel kini mulai disuguhkan oleh kandidat-kandidat yang lebih bervariasi. Tinggal kita pemilih yang kritis menilai apakah para kandidat tersebut mampu atau tidak menahkodai Sul-sel dengan kekhasan corak masyarakat yang bervariasi dan multi-etnis. Selain itu potensi daerahnya yang bersifat maritim dan agraris. Saya pikir, saat ini masyarakat Sul-sel cukup pandai menilai pemimpinnya, tak perlu didikte lagi. Kejenuhan dengan dinasti kekuasaan di berbagai daerah dan pembangunan yang lambat dan seringnya mangkrak diinginkan tak terulang lagi.

Maka diperlukan pemimpin Sul-sel yang baru, beretos kerja yang tinggi, mampu bersinergi, berbudaya, dan berorientasi pada kemajuan masyarakat.

Saat ini telah muncul berbagai wajah untuk memperebutkan kursi panas gubernur dan wakil gubernur Sul-sel. Nurdin Abdullah salah satunya. Wajah yang tak asing di layar kaca, namun terasa asing di Sulawesi Selatan. Bagi saya sendiri, Bupati Bantaeng yang dijuluki The Professor ini menjadi kandidat baru yang layak maju memimpin Sul-sel dengan segala kemajuan yang dilakukan di Bantaeng. Citranya memang nyata, kerjanya terasa. Namun pertarungan politik di Sul-sel cukup sulit. Tidak hanya mengandalkan apa yang dicapai saat ini. Pekerjaan rumahnya adalah menghadapi tembok dinasti kekuasaan yang telah mengakar di Sulawesi Selatan.

Sulawesi Selatan sesungguhnya memiliki potensi yang besar untuk maju. Namun pada akhirnya, letak kemajuan daerah ada pada pemimpinnya. Ibarat kapal pinisi yang kokoh dan mahsyur, butuh nahkoda yang handal. Merekognisi nilai-nilai kepemimpinan dan kecerdasan leluhur Sulawesi Selatan dan memadupadankannya menjadi sebuah karakter pembaharu untuk membawa rakyat Sul-sel bersatu padu, maju, dan berdaya saing.

Pada akhirnya pula, rakyat yang menentukan. Cerdas memilih pemimpin dengan memperhatikan track record, orientasi, dan sikapnya. Semua kandidat kini mudah didapatkan dengan mengetik namanya di mesin pencari internet. Bisa juga dengan melipir ke warung-warung kopi, atau dengan bertemu langsung dan bercengkrama.

Semoga Sulawesi Selatan semakin membaik.

Sulawesi Selatan Bersatu
yang ditunggu, yang dinanti
tiada lagi dinasti,
yang balihonya, foto keluarga sana sini
saatnya Sulsel kuat
bangkit sama-sama, tak ada sekat
gali potensi di segala lini
tiada yang terdzolimi
untuk sulsel yang satu
untuk sulsel yang maju
Bogor, 16 Juli 2017
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calendar

July 2017
M T W T F S S
« Jun    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 43,298 hits
Follow ulil ahsan's blog on WordPress.com
%d bloggers like this: