Experience is the best teacher. Pepatah lama nan mujarab.

Saat bertolak dari Makassar menuju Bogor, dalam pikirku terngiang-ngiang wajah-wajah bakal calon teman baru di Ciawi. Alhasil pembukaan DoYouLead segera dimulai. Awalnya deg-degan karena dikabarkan akan menjadi MC dan Moderator. Terutama MC, seumur-umur baru pertama kali diskak untuk nge-MC acara resmi seperti itu. Oh ya, belum sempat menerangkan tentang DoYouLead nih. Well, DoYouLead adalah singkatan dari Indonesia Young Food and Nutrition Leadership, merupakan training kepemimpinan pangan dan gizi pemuda tingkat nasional. Ini adalah yang pertama kalinya diadakan dengan memadupadankan peserta pemuda yang bergelut di bidang pangan dan gizi. Tidak hanya pesertanya, tapi juga pematerinya berasal dari birokrat, industri, akademisi, praktisi dan LSM terkait bidang pangan dan gizi.

Membaca TOR awal kegiatan ini via email dan daftar pematerinya, kepala dan jantung langsung nyut-nyutan alias deg-degan. Pematerinya luar biasa. DoYouLead dibuka dengan MC-nya adalah hamba dan teman yang baru kenal pas tiba di Bogor yang namanya Teguh Jati yang disingkat TJ. Dengan segala kekhawatiran dan kegugupan saya menjalani proses nge-MC di depan para peserta DoYouLead dari berbagai daerah. Experience…..

me and TJ nge-MC
me and TJ nge-MC

nge-MC awal sudah berlalu, deg-degan belum berhenti. Kali ini deg-degannya berkali-kali lipat daripada nge-MC. Menjadi moderator di forum sesi pertama adalah sebuah tugas yang lumayan berat untuk dimulai. Tidak tanggung-tanggung, moderatornya orang-orang keren dan beken di dunia Pangan dan Gizi. Siapa yang tidak mengenal Prof. Hardinsyah (Ketua PERGIZI PANGAN), Prof. Poerwiyatno Hariyadi (Direktur Seafast IPB, Pimred Food Review), dan Dr. Entos Zainal (Kementrian Kesehatan)? beliau-beliau ini sosok leadership di bidang pangan dan gizi. Kebetulan topik bahasan sesi pertama adalah Sosok Leadership di bidang pangan dan gizi dan profesi. Awalnya deg-degan dan selanjutnya mengalir seperti air, setiap sesi ceramah sang Professor kuperhatikan dengan fokus dan kucatat hal-hal yang penting. Biasanya, quotes yang terucap di setiap diri seorang leader berdasarkan pengalaman hidup mereka. Duduk di tengah-tengah mereka, bertindak sebagai moderator, menangkap hal-hal penting dari mereka adalah hal yang menegangkan, menyenangkan, membanggakan. Apa yang kupikirkan ketika duduk selama 1,5 jam bersama mereka dalam satu forum resmi? hahahha…. itu rahasia men, yang pasti salah satunya memikirkan untuk menjadi seperti mereka, bahkan lebih. I wanna be a Professor.

Prof. Hardinsya, Dr. Entos Zainal, me, and Prof. Purwiyatno
Prof. Hardinsyah, Dr. Entos Zainal, me, and Prof. Purwiyatno

Pernah suatu hari seseorang pernah berkata padaku, “Jika ingin jadi Profesor, bergaullah dengan Professor”, yes i do. Entah karena memang pilihan dan ditakdirkan, keputusan memilih menjadi leader dan berproses di HMPPI 2 tahun yang lalu tidak sia-sia. Pilihan yang diambil berdasarkan ketetapan hati itu akan membuka jalur ke mimpi kita, dengan catatan konsistensi dan komitmen yang kuat. Alhasil, tanpa terasa proses dan dinamika selama ber-HMPPI membawaku banyak berinteraksi dengan orang-orang hebat, sosok-sosok leadership hingga Professor bidang pangan dan gizi. Kesempatan ini tidak serta merta datang begitu saja, tapi karena ada pilihan dan kerja keras yang membawa kita hingga ke sini. Seni kepemimpinan adalah ketika ketetapan hati dan kesadaran memimpin itu kita miliki, maka setiap jalur cita yang kita inginkan akan terwujud, the art of leadership. Momen DoYouLead ini merupakan langkah baru dalam menyelami profesi bidang pangan. Jargon DoYouLead? Yes we do! juga terlahir dadakan saat acara pembukaan akan dimulai, namun maknanya ternyata dalam. DoYouLead? Apakah kamu memimpin? Yes we do! ya, kami memimpin. Kami memimpin diri sendiri, memilih, menetapkan hati untuk berusaha, peduli, berkontribusi dan membangun kekeluargaan. Bersama untuk pangan dan gizi bangsa yang berkemajuan.

DoYouLeaders
DoYouLeaders di Ciawi, Bogor

[10-07-2013]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s