Sekedar Mukaddimah…….

Tulisan ini terinspirasi dari kuliah Status Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Dalam 3 minggu terakhir perkuliahan diisi dengan presentasi setiap mahasiswa dengan tugas review jurnal terkait status gizi dan kesehatan masyarakat. Sebagian besar teman yang memberikan reviewnya, mengambil topik terkait berat badan yang tidak normal di berbagai negara, entah itu Afrika dan beberapa negara berkembang lainnya. Abnormalitas berat badan memang banyak diteliti dan banyak terjadi pada anak-anak dan berbagai kalangan di negara-negara berkembang. Salah satu faktornya adalah kesenjangan sosial yang terjadi. Penelitian terkait abnormalitas berat badan anak-anak banyak terjadi di pedesaan daripada di perkotaan untuk negara berkembang. Salah satunya tingkat pengetahuan orang tua terhadap gizi menyebabkan perlakuan terkait asupan gizi anak diabaikan sehingga terjadilah abnormalitas berat badan mulai dari kekurusan, kegemukan dan obesitas. Hal tersebut tak terkecuali di perkotaan yang tingkat modernitasnya lebih berkembang ditambah dengan banyaknya makanan cepat saji dan kesibukan orang-orang tua di perkotaan. Terkait abnormalitas berat badan, Indonesia termasuk negara berkembang dan banyak anak-anak Indonesia yang tumbuh kurus, kegemukan dan obesitas karena alasan yang sama di atas.

source: google.com
source: google.com

Di sekeliling anda pasti kadang punya teman yang mungkin dari segi fisiknya tampak lebih “lebar” dari kita. Tak jarang juga mungkin sering bercandain mereka dengan memeluk-meluknya menganggap dia bantal, boneka beruang atau boneka panda. Atau lebih sederhana lagi anda bercandain mereka dengan melontarkan kata “Obesitas”.  eitss….. tunggu dulu!!!! Apakah benar teman yang anda bercandain itu obesitas???? Nah…… Itulah budaya, setiap negara berbeda-beda pandangannya bahkan setiap orang terkait berat badan, ideal atau tidak ideal, gemuk atau kurus. Tapi apakah hanya dilihat secara sekilas saja kita bisa men-judge orang itu? No….no…no…..Tunggu dulu..!!!! Di sinilah letak pembahasan kita kali ini. Mengenai miskonsepsi antara “Kegemukan” dan “Obesitas”.

WHO sebagai organisasi kesehatan dunia menetapkan parameter untuk mengukur tingkat berat badan seseorang. Tingkat berat badan tersebut antara lain normal, kegemukan (Overweigth) dan obesitas. Untuk mengukur parameter tersebut WHO menetapkan cara yang efektif yaitu dengan Body Mass Index (BMI). BMI ditentukan dengan membagi berat seseorang dalam Kg dengan kuadrat tinggi badanorang tersebut dalam satuan meter (kg/m²).

Nilai BMI untuk berat normal kisaran 18,5 – 22,9
Nilai BMI untuk kegemukan atau overwieght kisaran 23 – 24,9
Nilai BMI untuk obesitas > 30

Jadi, sebenarnya kegemukan atau overwight itu berbeda dengan obesitas. Namun, banyak dari kita menganggap itu sama, padahal ada parameter tersendiri yang membedakan keduanya. Ringkasnya, kegemukan atau overweight adalah melebihi batas normal berat badan sedangkan obesitas adalah kondisi lemak dalam tubuh itu berlebihan, jika ditinjau dari BMI, obesitas itu dimana kelebihan berat badannya sebanyak 20% atau lebih. Selain itu, obesitas memiliki resiko terkena penyakit lebih tinggi seperti diabetes, jantung koroner, darah tinggi, dan lain-lain.

Untuk diambil pelajaran aja nih, jika becandain teman jangan langsung men-judge dia obesitas hanya karena melihat dirinya tampak gemuk. Tapi coba iseng telaah lebih jauh, ukur Body Mass Index temannya yang tampak lebih “lebar” tadi, baru deh anda bisa tahu apakah dia normal, kegemukan atau obesitas. Syukur-syukur jika kelebihan, temannya bisa diperingatkan agar sedikit berolahraga atau mengurangi konsumsi junk food dan makanan-makanan penyebab obesitas tersebut atau mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung serat. hehehehe, niat jelek bisa ditransformasi menjadi niat baik.

Pesannya, jangan terlalu sering mengejek orang sembarangan, bisa jadi anda yang akan jadi korban obesitas berikutnya.

Ingat…!!!!! Kegemukan beda dengan obesitas…..
Obesitas terjadi bukan hanya karena konsumsi berlebih dari orangnya, tapi karena ada kesempatan jajan sembarangan.
waspadalah…..waspadalah…..!!!!!😀

2 thoughts on “Kegemukan (atau=???) Obesitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s