In the classroom

Sabtu, 23 Juni 2012 tepatnya di SDN 1 Panggang, tim Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia (HMPPI) universitas Mercu Buana Yogyakarta memperingati Hari Susu Nusantara pada setiap tanggal 1 Juni.  Kegiatan ini bernama “Susu Masuk Sekolah”. Tema dari kegiatannya merujuk pada tema nasional “ Minum Susu Segar, badan bugar otak pintar”. Kegiatan Susu Masuk Sekolah dimulai pukul 08.00 WIB dibuka oleh sambutan Pak Gumilar selaku Kabag Kemahasiswaan UMBY dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekolah SDN 1 Panggang. Setelah sambutan, dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Ir. Siti Tamaroh CM., MP. Selaku dosen di Prodi THP UMBY. Antusiasme anak sekolah yang terdiri dari kelas 1 sampai kelas 5 ini sangat bersemangat mengikuti jalannya materi.

Setelah pemberian materi, siswa-siswi diberikan berbagai macam hadiah yang telah disiapkan oleh panitia yang berani tampil dan menjawab berbagai pertanyaan dari panitia. Setelah itu, siswa-siswi SDN 1 Panggang yang berjumlah 100 orang dibagi kelompok berdasarkan kelas dan masing-masing kelompok dan dibina oleh tentor-tentor yang berasal dari mahasiswa prodi THP, Akuntansi, Psikologi dan Bahasa. Setiap tentor memberikan berbagai permainan menarik dalam menghibur dan mengasah kecerdasan siswa-siswi SDN 1 Panggang. Setelah diberikan games, siswa-siswi dikumpulkan kembali dalam suatu ruangan dan dilakukan pembagian susu segar kepada masing-masing anak. Susu segar ini diperoleh dari Koperasi masyarakat dari daerah kabupaten Bantul, memanfaatkan UKM produsen susu segar. Proses minum susu dilakukan secara bersama-sama baik siswa-siswi, tentor dan panitia penyelenggara. Tak sedikit siswa-siswi yang meminta tambah susunya.

Kepala Sekolah SDN 1 Panggang mewakili pihak sekolah sangat berterima kasih dan mengharapkan ada kegiatan-kegiatn serupa yang lainnya untuk siswa-siswi di SDN 1 Panggang. Semangat tim HMPPI dalam mensukseskan kegiatan Susu Masuk Sekolah ini tidak lepas dari dukungan pihak universitas Mercu Buana Yogyakarta dan Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan (HIMATEPA) UMBY sebagai tempat naungannya. Kegiatan-kegiatan menarik dan bermanfaat berikutnya akan digarap oleh tim HMPPI dalam rangka kepedulia terhadap masyarakat Indonesia dalam hal konsumsi pangan. Dengan jargon Peduli, nyata, berkelanjutan, tim HMPPI akan selalu membawa nama baik UMBY dalam berkontribusi untuk bangsan dan negara.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s