Saat ini gue semester VI, artinya bakalan jadi orang yang super duper hyper sibuk. Apa sebaaaaaab……????

Karena, banyak kerjaan yang mesti dikelarin dalam organisasi dan kuliah secara umum. Dalam cerita ini, kita berfokus pada perkuliahan aja ya guys😀

Jumlah mata kuliah yang gue ambil semester VI ini emang sedikit sih. Tugas literatur juga tampaknya belum banyak dan ribet. So, untuk mata kuliah teori saat ini fine-fine aja. Selain ada mata kuliah teori, semester ini juga ada praktikum. Praktikumnya gak sebanyak di semester-semester sebelumnya sih, jadi sepertinya santai.
Tapi….
Itu adalah hal-hal yang gue rasain pas baru abis ngisi KRS-an dan di minggu awal kuliah. hehehe…

Saat ini, merupakan titik awal pertarungan sengit dalam semester VI. Dimana mata kuliah teori mulai meningkat intensitas tugasnya dengan jurnal-jurnal asing. Tantangan paling utama di semester ini adalah dimana ada sebuah praktikum yang tidak biasa. Praktikum itu bernama Praktikum PPM.

Tulisan gue ini ditulis saat hari ke-2 praktikum PPM ini berjalan dan dua hari ini gue pulang dari kampus setiap jam 7 malam. Praktikum PPM ini jadwalnya tiap hari senin-jumat. Hari itu adalah yang normal, tapi kalau analisanya belum kelar, bakalan nambah hari sabtu bahkan minggu. Jadi, semester ini laboratorium bakalan jadi rumah kedua buat saya.

Gue Flash back kembali mulai dari semester awal……

Di semester 1 ada praktikum kimia dasar yang ngebahas dan mempraktekkan hal-hal dasar yang dibutuhkan dalam teknologi pangan antara lain pengenalan alat-alatnya.

Semester 2 ada praktikum Biokimia yang praktiknya tentang komponen utama bahan kimia penyusun tubuh kita dan reaksi kimia sederhana misalnya karbohidrat, protein, lipid, enzim dan respirasi.

Di semester 3 ada praktikum Mikrobiologi yang menyangkut dasar-dasar analisa mikrobia, praktikum Analisis pangan yang mempelajari lebih jauh tentang analisis di bidang pangan seperti kadar air dan analisis kadar protein dalam makanan, ada praktikum Pengetahuan bahan dan Kuliah lapang I yang isinya mengenai praktek pembuatan produk pangan dan dianalisis sifat fisikokimia dan analisis ekonominya.

Semester 4 ada praktikum kuliah lapang II yang merupakan kelanjutan praktikum kuliah lapang I. Praktikum Penilaian inderawi yang di mana kita mencicipi berbagai makanan, menilai sifat makanan dan menganalisis secara statistik. Praktikum ini kita dihadapkan dengan banyak angka dan data-data.

Semester 5 ada KKN di mana kita melakukan pemberdayaan dan penyuluhan di desa/dusun yang dianalisis tepat untuk dibina. Kemudian ada Praktek Kerja Lapangan (PKL), yaitu dalam waktu minimal 3 minggu ditempatkan di sebuah pabrik pengolahan pangan dan mengumpulkan data serta terjun langsung dalam proses pengolahannya. Gue PKL di pabrik pengalengan ikan di Kota Pekalongan.

Semester 6 ada Praktikum Aplikasi Komputer II tentang data penelitian yang diolah dengan komputer, Bahasa Inggris II yaitu belajar bahasa Inggris sesuai jalur akademik. Praktikum Proses dan Pengendalian Mutu, praktikum ini tentang, mmmmmm……
Kasi tau gak ya…..??????? hehehe
Kasi tau deehehh..!!!

So, bahasan ini adalah inti ceritanya.
Praktikum ini merupakan akumulasi dari praktikum-praktikum yang dilakukan dari semester 1 lho kawans. Mulai dari Kimia dasar, Biokimia, Analisis Pangan, Kuliah Lapang, Pengetahuan Bahan, Mikrobiologi dan Penilaian Inderawi. Jadi singkat cerita, dalam praktikum PPM, dilakukan pencatatan alat, membuat dan  mereaksikan bahan kimia seperti pada praktikum Kimia dasar. Dilakukan pengujian karbohidrat, protein, lipid, enzim dengan reaksi kimia di dalamnya seperti praktikum biokimia. Sifat-sifat zat tersebut juga diamati dan dicatat.

Dalam praktikum ini dilakukan uji mikrobia seperti uji Bakteri Asam Laktat, TPC, yang dasar-dasarnya dipraktekkan di praktikum mikrobiologi sebelumnya. Ada juga analisis kadar air, angka peroksida,  angka penyabunan, protein terlarut, dll seperti yang telah dilakukan di praktikum Analisis Pangan di semester 3. Praktikum Kuliah lapang I dan II juga include di dalamnya di mana kita membuat produk berupa Ikan pindang, jam, kopi, sosis dan lain-lain kemudian ditera sifat fisikokimianya. Dan praktikum penilaian inderawi yang ditandai dengan adanya uji sensoris setiap harinya dan dikumpulkan data serta diolah oleh praktikan.

Mengapa praktikum PPM ini setiap hari dilakukan dan sampai malam hari karena penjelasan di atas dimana berbagai analisis include di dalamnya serta proses setiap acara memakan waktu cukup lama (seminggu).

Pada praktikum ini, kita dibagi kelompok yang beranggotakan 3 orang tiap kelompok. Dalam praktikum ini, gue ditakdirkan sekelompok dengan orang-orang hebat dan luar biasa. Tidak diragukan lagi kapabilitasnya dalam praktek pengolahan pangan selama dari semester I. Eka Fitriana Putri, cerewet dan pekerja keras. Agus setiyoko, partnerku sebagai asisten praktikum dalam Kimia dasar dan Biokimia, dan dia juga sebagai asisten praktikum mikrobiologi. Dan gue rasa, perpaduan ini menjadikan kelompok kami dinilai sebagai kelompok papan atas di praktikum PPM ini. hehehe

Ulil, Eka, Agus

Hari ini gue mendapat pelajaran dari kejadian ribetnya proses praktikum PPM berbagai kelompok. Intinya adalah dalam praktikum ini, satu acara ada beberapa anlisa yang harus diselesaikan dan satu analisa membutuhkan waktu yang lama dan berulang-ulang dilakukan. Oleh karena itu, pembagian tugas dalam tim harus jelas dan kekompakan juga harus tetap terjaga.

Praktikum PPM ini merupakan tantangan tersendiri buat gue di semester ini. Dimana kapabilitas, ketekunan dan kesabaran kita diuji dalam menganalisis berbagai bahan, mengkalkulasinya dan nantinya menarik kesimpulan data. Praktikum ini menguras tenaga dan perasaan namun akan meningkatkan kemampuan kita jika bersungguh-sungguh melaksanakannya.

Dua hari menjalani praktikum ini alhamdulillah semangatku masih berkobar dan semoga tetap bertahan hingga akhir membuat laporan  yang sangat tebal nantinya.

#MoveOnPraktikumPPM

Yogyakarta, 24 April 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s